Wednesday, August 5, 2009

efusi pleura 4

Kriteria diagnosa klinik efusi pleura karena Mycobacterium tuberculosis :
Efusi pleura dengan Rivalta positif,
Didukung oleh salah satu dari hal-hal di bawah ini :
Mantoux test positif kuat,
BTA sputum positif, dan
Gambaran radiologi tuberkulosis paru positif.

Hasil visualisasi pemeriksaan BTA dan PCR cairan pleura
Hasil-hasil foto pada pemeriksaan BTA dan PCR pada cairan pleura dapat dilihat pada Gambar 2.1 dan 2.2. Pada gambar 2.1 merupakan hasil BTA positif ditunjukkan dengan arah panah, dimana ciri basil tersebut tampak ada warna kemerah-merahan sedang pada BTA negatif tidak tampak warna merah atau bersih.



Hasil visualisasi PCR (terlihat pada Gambar 3) dimana kuman M. tuberkulosis
pada sumuran menunjukkan nilai Bp.
Setelah suhu denaturasi dinaikkan menjadi 96 C dan suhu ekstensi 73,4 C maka hasil visualisasi band tampak jelas karena ensim yang bekerja seperti DNA polymerase, d-NTP dan Taq DNA polymerase sudah tepat atau mendekati optimum 75 - 80 C (Erlich, 1990 dan Innis, et al, 1990).








Gambar 3. Hasil visualisasi PCR pada kuman
M. tuberculosis, tb positif amplifikasi I, tb positif amplifikasi II, tb negatif, sampel isolat tb (kontrol)

Keterangan:
Sumuran 1 : Low DNA mass ladder.
Sumuran 2 : Tb. positif, amplifikasi I = 114 Bp
Sumuran 3 : Tb. positif, amplifikasi I = 114 Bp
Sumuran 4 : Tb. positif, amplifikasi II = 114 Bp Sampel Cair
Sumuran 5 : Tb. positif, amplifikasi II = 114 Bp
Sumuran 6 : Tb negatif.
Sumuran 7 : Amplifikasi I sampel isolat = 114 Bp
Sumuran 8 : Low DNA mass ladder

Diagnosa Banding
Lymphoma





Tampak opacification paru-paru kanan, khususnya daerah lobus bagian atas. Sebagian besar bronchi dapat dilihat, tetapi lebih kabur dibandingkan tanda khas udara-bronchogram. Pada gambar juga terlihat nodular disepanjang garis bronchi. Ada satu yang tidak jelas pada sub-paru-paru nodule di sela iga ke-3 depan tulang rusuk dengan tambahan nodule pada sela iga ke-4 dari tulang rusuk.



Encysted Pleural Effusion







Jantung tampak lebih besar hingga separuh garis tengah paru, tetapi volume paru normal. Fisura horisontal kelihatan pada daerah hitam bagian atas sela iga 3 dan meluas ke sebelah kanan hilum. Hilum yang kiri tertekan

Mesothelioma pada asbestosis










Volume paru bertambah besardan tampak beberapa nodular di daerah mid-zona sebelah kiri

Actinomycosis










Bayang-Bayang mungkin suatu kombinasi konsolidasi dan massa jaringan lunak. Gas dapat dilihat pada extra-pulmonary jaringan tersebut

Pengobatan
Jika jumlah cairannya sedikit, mungkin hanya perlu dilakukan pengobatan terhadap penyebabnya. Jika jumlah cairannnya banyak, sehingga menyebabkan penekanan maupun sesak nafas, maka perlu dilakukan tindakan drainase (pengeluaran cairan yang terkumpul).
Cairan bisa dialirkan melalui prosedur torakosentesis, dimana sebuah jarum (atau selang) dimasukkan ke dalam rongga pleura. Torakosentesis biasanya dilakukan untuk menegakkan diagnosis, tetapi pada prosedur ini juga bisa dikeluarkan cairan sebanyak 1,5 liter.
Jika jumlah cairan yang harus dikeluarkan lebih banyak, maka dimasukkan sebuah selang melalui dinding dada.

Pada empiema diberikan antibiotik dan dilakukan pengeluaran nanah. Jika nanahnya sangat kental atau telah terkumpul di dalam bagian fibrosa, maka pengaliran nanah lebih sulit dilakukan dan sebagian dari tulang rusuk harus diangkat sehingga bisa dipasang selang yang lebih besar. Kadang perlu dilakukan pembedahan untuk memotong lapisan terluar dari pleura (dekortikasi). Pada tuberkulosis atau koksidioidomikosis diberikan terapi antibiotik jangka panjang.
Pengumpulan cairan karena tumor pada pleura sulit untuk diobati karena cairan cenderung untuk terbentuk kembali dengan cepat. Pengaliran cairan dan pemberian obat antitumor kadang mencegah terjadinya pengumpulan cairan lebih lanjut. Jika pengumpulan cairan terus berlanjut, bisa dilakukan penutupan rongga pleura. Seluruh cairan dibuang melalui sebuah selang, lalu dimasukkan bahan iritan (misalnya larutan atau serbuk doxicycline) ke dalam rongga pleura. Bahan iritan ini akan menyatukan kedua lapisan pleura sehingga tidak lagi terdapat ruang tempat pengumpulan cairan tambahan. Jika darah memasuki rongga pleura biasanya dikeluarkan melalui sebuah selang. Melalui selang tersebut bisa juga dimasukkan obat untuk membantu memecahkan bekuan darah (misalnya streptokinase dan streptodornase).
Jika perdarahan terus berlanjut atau jika darah tidak dapat dikeluarkan melalui selang, maka perlu dilakukan tindakan pembedahan.
Pengobatan untuk kilotoraks dilakukan untuk memperbaiki kerusakan saluran getah bening. Bisa dilakukan pembedahan atau pemberian obat antikanker untuk tumor yang menyumbat aliran getah bening.
http://medicastore.com/med/detail_pyk.php?idktg=2&iddtl=147&UID=20070205203339125.162.42.243

1 comment:

beri komentar dengan bahasa yg sopan.kami tidak bertanggung jawab terhadap isi komentar.